Agam

Petani Di Agam Mulai banyak Alihkan Usaha Taninya Bertanam Jagung

Agam, Palikopost.com – Pemkab Agam melalui Dinas Pertanian Kabupaten Agam saat ini, sedang melaksanakan penanaman 250 hektare tupang sari jagung, dan  juga ada kedelai, di tiga kecamatan.

Adapun tiga kecamatan tersebut ialah Kecamatan Lubuk Basung, Ampek Nagari, dan Palembayan. Dalam Penanaman perdananya dilaksanakan oleh Dirjen PSP Kementerian Pertanian.

Hal itu dilakukan oleh Pemkab Agam, di karenakan Pada tahun 2018 Produksi Jagung di Kabupaten Agam rata-rata 7,1 ton perhektar, dan usaha ini sangat menjadi usaha yang banyak mulai diminati.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam Isman Imran mengatakan, pihaknya sudah mencatat sebanyak 114.730 ton dari luas panen 117 ribu hektar lebih sepanjang tahun 2018 produksi jagung.

Isman imran meyebutkan, daerah Agam merupakan komoditi primadona. Dimana para petani banyak yang mengalihkan usahnya bertanam jagung.

” Karena selain kerjanya sangat mudah, ringan dan penghasilannya pun juga sangat menjanjikan,” ucap Isman Imran (29/1) di Lubuk Basung.

Ia menyampaikan, untuk komoditi jagung ini, pihaknya menargetkan pada tahun 2020, Kabupaten Agam bisa melebihi produksi jagung di Pasaman Barat yang saat ini menjadi produsen jagung terbesar di Sumatera Barat.

“ Mudahan Program-program yang dilaksanakan tersebut, merupakan upaya meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan petani,” tambahnya. (NST)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gridlove

Palikopost.com adalah Media Masa kini yang menyajikan berita yang berimbang, dengan Menyingkap Fakta Bukan Fiksi.

Kategori

To Top