Limapuluh Kota

Sebelum Bulan Puasa Nanti, Nagari Sungai Kamuyang Resmikan Tempat Wisata Baru

Limapuluh Kota, Paliko Post – Sungai kamuyang merupakan salah satu nagari yang ada di Sumatera Barat tepatnya di Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota.

Nagari Sungai Kamuyang memiliki Populasi Penduduk sebanyak 7.600 jiwa dengan 2.224 KK yang terdiri dari dari 9 jorong, yaitu Batang Tabik, Tanjuang Kaliang, Tabiang, Subaladuang, VI Kampuang, VIII Kampuang, XII Kampuang, Rageh, dan Madang Kadok.

Penduduk Nagari Sungai Kamuyang pada umumnya adalah petani dan peternak disamping itu juga ada beberapa orang yang berprofesi sebagai pedagang, tukang, TNI/POLRI, Pegawai Negeri, Guru dan lain-lain.

Saat ini peningkatan perekonomian terjadi pada bidang peternakan sapi, ayam pedaging, ayam petelur, ternak puyuh dan lain-lain, yang mana di setiap jorong ada peternak yang dibiayai sendiri atau dengan sistem kerja sama dengan pihak lain.

 

Seperti yang diungkapkan oleh Wali Nagari Sungai Kamuyang, Irmaizar kepada Media saat menyambangi Kantor Tempat ia melakukan Rutinitas sebagai Pejabat di Nagari tersebut, Kamis (07/02/2018).

 

“Pada tahun 2019 ini kita sudah menyiapkan tiga (3) Program Nagari yang Mengarah kepada kebutuhan  masayarakat diantara, dibidang Kesehatan, Bidang Sosial dan Kebudayaan Serta Pariwisata Baru yang Akan menjadi Aset BUMNAG nanti” ungkap Irmaizar.

 

“Dari Segi Kesehatan Kita sebelumnya telah Membangun Pondok Bersalin Desa (Polindes), ini adalah salah satu bentuk partisipasi atau peran serta masyarakat dalam menyediakan tempat pertolongan persalinan dan pelayanan kesehatan ibu dan anak, termasuk KB yang mana tempat dan lokasinya berada di Nagari Sungai Kamuyang”

 

“Sebagai bentuk peran serta masyarakat, Polindes seperti halnya Posyandu sebagai sarana untuk meningkatkan kemitraan bidan dalam pertolongan persalinan, dikelola oleh Nagari melalui LKMD Kabupaten Limapuluh Kota” Lanjut Irmaizar Lagi.

 

“Selanjutnya Kita Juga telah Mengusahakan  Menyingkapi Pandam Pakuburan seluas 2 Hektar yang berlokasi ditanah ulayat Jorong  Madang Kadok dalam Anggaran APBN sebelumnya telah kita pakai untuk Meratakan Tanah dan Menyediakan Ambulan gratis untuk warga yang meninggal serta bagi Masyarakat yang membutuhkan Ambulan pada saat Darurat” tutur Irmaizar.

 

“Untuk Program Ketiga yakni membuat Destinasi Wisata Arena Bermain bertempat  di Jorong Madang Kadok, seperti Arena Flaying Fox, Permadani Terbang, Selancar diatas Awan dan Out bond, saat ini kita Sedang menyusun SOP dan Insyaallah bulan maret sebelum puasa sudah bisa kita Mamfaatkan” Ungkap Irmaizar lagi didampingi Wali Jorong Madang Kadok, Mahdalena.

 

“Kita Berharap dengan berbagai Program dan Beberapa Potensi-Potensi yang ada di Nagari Sungai Kamuyang akan lebih meningkatkan Perekonomian Masyarakat dan tentunya Nagari Sungai Kamuyang semakin Maju”Harapnya (CR02/REY)

1 Comment

1 Comment

  1. Yanda

    11 Februari 2019 at 1:59 pm

    Mantap..semoga sungai kamuyang bertambah maju

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gridlove

Palikopost.com adalah Media Masa kini yang menyajikan berita yang berimbang, dengan Menyingkap Fakta Bukan Fiksi.

Kategori

To Top