berita terkini

Pihak IPTJS Terkesan Halangi Hak Serikat Tenaga Kerja Bongkar Muat Di PT BSS

Agam, Palikopost.com – Beberapa orang Pekerja, sebagai Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) di PT Bukit Sawit Semesta (BSS), sebelumnya sudah menyatakan sikapnya dengan mengambil kebulatan tekat secara bersama menjadikan PUK F. SPTI – K. SPSI Manggopoh sebagai wadah Serikat Pekerja/Buruh Tenaga Kerja Bongkar Muat di PT BSS Manggopoh yang sebelumnya pernah bergabung di Wadah IPTJS Manggopoh.

Pernyataan sikap tersebut dilakukan oleh banyak orang Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) PT BSS Manggopoh, pada hari Minggu tanggal 10 Februari 2019 yang sudah berjumlah keseluruhannya lebih kurang 120 orang Pekerja.

Pernyataan itu juga diperkuat oleh pekerja tersebut dengan cara memohon kepada Pimpinan PT BSS untuk mencabut Kesepakatan Bersama yang di buat oleh IPTJS dengan PT BSS, dan meminta agar Pimpinan PT BSS membuat perjanjian Kerja Bersama (PKB) dengan PUK F. SPTI – K. SPSI Manggopoh.

Di jelaskan melalui surat pernyataan sikap oleh Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) PT. BSS tersebut bahwa mereka menegaskan apabila ada pihak-pihak yang menghalang-halangi hasil musyawarah dan pernyataan kebulatan tekatnya. Maka sebagai Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) di PT BSS, akan mempertahankan haknya sebagai warga Negara Indonesia yang berstatus sebagai Pekerja/Buruh, dan akan memberhentikan aktifitas Bongkar Muat di PT BSS dan akan menempuh jalur Hukum.

Ketika di wawancarai beberapa orang Tenaga Kerja Bongkar Muat di PT BSS yang sudah menyatakan sikap untuk berada dalam wadah PUK F. SPTI – K.SPSI Manggopoh, mereka membenarkan semua itu dan meminta agar Pimpinan PT BSS untuk menyelesaikan persoalan ini semua.

Para pekerja menyebutkan, setelah mereka bersama menyatakan sikap masuk dalam wadah PUK F. SPTI – K. SPSI dan menyatakan tidak lagi di wadah IPTJS. Namun menurut mereka selaku Tenaga Kerja Bongkar Muat di PT BSS, merasa di Halangi oleh pihak IPTJS untuk menyatakan hak berserikat, sebelumnya sudah menyatakan kebulatan bersama untuk bergabung dalam wadah PUK F. SPTI – K. SPSI Manggopoh.

” Kami merasa di Halangi untuk hak berserikat kami oleh pihak IPTJS Manggopoh. Dengan tidak mau menyelesaikan persoalan antara PUK. F. SPTI – K. SPSI Manggopoh dengan Pihak IPTJS Manggopoh,” ungkap beberapa Tenaga Kerja Bongkar Muat PT BSS kepada media online Palikopost.com Selasa (12/2) di Manggopoh.

Ketua PUK F. SPTI – K. SPSI Manggopoh Mulyadi ketika di Konfirmasi, membenarkan kalau para pekerja yang sebagai Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) di PT BSS sudah menyatakan sikap bersama untuk masuk dalam wadah PUK. F. SPTI – K. SPSI Manggopoh untuk bekerja di PT BSS.

Mulyadi mengatakan, kalau persoalan yang dihadapi oleh Tenaga Kerja Bongkar Muat Di PT BSS yang sudah masuk wadah PUK F. SPTI – K. SPSI Manggopoh tersebut, saat ini pihaknya sudah memberikan surat kuasa penuh/khusus kepada Dewan Pimpinan Cabang F. SPTI – K. SPSI Kabupaten Agam.

” Kita selaku pengurus PUK. F. SPTI – K. SPSI Manggopoh sudah memberikan kuasa penuh/khusus kepada Pimpinan Cabang F. SPTI – K. SPSI Agam, untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi, baik kepada Tenaga kerja Bongkar Muat,  dan PUK. F. SPTI – K. SPSI Manggopoh untuk di PT BSS itu sendiri,” ujarnya Selasa (12/2) kapada Media Online Palikopost.com.

Sementara itu, Ketua DPC F. SPTI – K. SPSI Kabupaten Agam Mendri S. SH ketika di konfirmasi, menyebutkan agar persoalan ini cepat selesai, ia meinginkan adanya musyawarah antara pengurus PUK F. SPTI – K. SPSI Manggopoh dengan Pengurus IPJTS. Apabila kedua belah pihak ini mau mengikuti aturan dan UU yang berlaku maka persoalan akan selesai.

” Namun di sayangkan, pengurus IPTJS tidak ada keinginan untuk menyelesaikan persoalan ini, dengan beberapa kali kami laksanakan untuk melakukan pertemuan dengan pengurus IPTJS, nyatanyaa mereka tidak ada merespon dan tidak mau menemui kami, hingga sampai saat ini,” Kata Mendri.

 

Baca Juga : http://palikopost.com// siap-perjuangkan-nasib-pekerja-buruh-dewan-pimpinan-cabang-serikat-pekerja-kabupaten-agam-hadir-di-tengah-tengah-masyarakat/

 

Mendri menyampaikan, sementara Juga dirasakan pihak perusahaan PT BSS seolah-olah tutup mata dan diduga merasa takut dengan IPTJS. ” Karena orang-orang yang tergabung menjadi Pengurus di IPTJS itu mengklaim Perusahaan PT BSS berada di Jorong Pasar Durian, namun kenyataannya fakta di dapatkan PT tersebut dibuktikan berada di Dusun II Jorong Batu Ampa, Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung,” ungkapnya.

Kemudian Kata Mendri, mau Perusahaan, IPTJS ataupun PUK F. SPTI – K. SPSI dan pihak lain. Yang harus diingatkan agar menghargai hak berserikat bagi Pekerja. ” Kita harus menghargai hak berserikat para pekerja, sebab pekerja di lindungi oleh UU, dan didalam UU No. 21 Tahun 2000 tentang serikat Pekerja/Buruh juga sudah di atur. Disini timbul pertanyaan kami apakah Pengurus IPTJS tidak mengerti dengan UU serikat Pekerja? ,” Tanyanya.

Dijelaskan oleh Ketua DPC ini, bahwa lahirnya IPTJS sebelumnya, dengan berdasarkan kesepakatan Nagari dan Niniak Mamak Ulayat areal PT BSS, dan kini sudah keluar pernyataan beberapa Niniak mamak Ulayat untuk mencabut Rekomendasi terhadap IPTJS tersebut.

” Berapa Niniak mamak sudah mencabut Rekomendasi terhadap IPTJS sebagai serikat pekerja untuk mewakili Tenaga kerja Bongkar Muat di PT BSS. Dan Niniak mamak Ulayat juga telah menyatakan Rekomendasinya serikat pekerja kepada PUK F. SPTI – K. SPSI Manggopoh sebagai wadah penggantinya,” ucapnya pula.

Disampaikannya bahwa PUK F. SPTI – K. SPSI Manggopoh sudah memberikan surat kuasa khusus kepada Pimpinan Cabang F. SPTI – K. SPTI Kabupaten Agam untuk bertindak dan menyelesaikan persoalan ini dengan cara menempuh jalur Hukum.

” Apabila persoalan ini tidak kunjung selesai dan tidak ada titik terang, maka kita selaku diberi kuasa, akan langsung menempuh jalur hukum dan melaporkan secara pidana serta akan menggugat melalui Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) di Pengadilan Negeri Padang, Sumatera Barat,” tegasnya menambahkan.

(Honest)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gridlove

Palikopost.com adalah Media Masa kini yang menyajikan berita yang berimbang, dengan Menyingkap Fakta Bukan Fiksi.

Kategori

To Top