Terkini

Nagari Pasia Laweh Baralek Gadang, Sonsong HUT RI Ke 74 Tahun 2019

Palikopost.com – Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI, biasanya Banyak ivent yang diselenggarakan oleh berbagai kalangan untuk memeriahkan hari yang sangat bersejarah didalam masyarakat, khususnya di Nagari Pasia laweh.

Selain masyarakat, Pemerintah Daerah, Pemuda Pemudi pun juga ikut serta membuat acara berbau yang mengenang para jasa pahlawan yang sudah berjuang untuk kemerdekaan Republik Indonesia.

Seperti halnya di Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam. Dimana menyonsong Peringatan HUT RI Ke 74 Tahun 2019 jatuh pada tanggal 17 Agustus 2019 nanti, dengan memperkuat dan mempersatukan masyarakat Nagari mengadakan acara festival budaya dalam rangka “NAGARI ELOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL”  yaitu acara Baralek Gadang dengan menggelar Festival yang dipusatkan di Pasar Palupuah, Kamis (8/8).

Kegiatan tersebut berjalan aman dan lancar sehingga melibatkan banyak elemen didalam acara tersebut yang berlangsung sangat meriah. Tidak hanya itu, untuk meramaikan kegiatan Festival tersebut Pihak Nagari Pasia Laweh juga mengundang Artis Pop Minang Legendaris “Devi Prima”, dan Artis Minang Kocak “Edi Cotok”.

Ada 10 lomba Festival yang digelar di acara tersebut diantaranya, Lomba Senam Dasawisma, Festival lagu kebangsaan, Festival lagu Minang antar Dasawisma, Festival budaya (Nagari elok Berbasis Kearifan Lokal), Festival kuliner PKK ( Masakan khas non beras bahan dasar Pisang), Lomba Pasambahan, Penampilan silat tradisional masuk sekolah (SMS).

Kemudian, Festival 1000 gelas kopi ala Nagari Pasia Laweh, Pameran ilmiah dendeng jantung pisang inovasi oleh-oleh anak KKN UNIVERSITAS MOHAMMAD NATSIR BUKITTINGGI, dan Pelatihan Pengelolaan Website Bagi Aparatur Nagari” (Dalam sistem Informasi Nagari (SISNAG).

Walinagari Pasia Laweh Zul Arfin disela-sela kesibukannya menyebutkan, kepada awak media palikopost.com bahwasanya pemuda beserta Niniak mamak dan masyarakat Pasia Laweh tersebut sedang melaksanakan kegiatan dalam Nagari yang di gelar, dalam rangka menyambut hari kemerdekaan HUT RI Ke 74 Tahun 2019 yang jatuh pada tanggal (08/08/19).

Menurut Ketua Forwana Se Kabupaten Agam ini bahwa di Nagari Pasie Laweh yang beliau pimpin itu, terus mencoba untuk merutinkan Iven-iven pada setiap tahunnya untuk menyambut HUT Kemerdekan Indonesia.

Lebih lanjut Disampaikan, Terkait kegiatan Festival di Pasar Palupuah ini Sebut Zul Arfin bahwasanya acara langsung di Sponsori oleh BUMN Bank BNI Cabang Bukittinggi, serta bekerjasama dengan Mahasiswa/I KKN PPM UNAND, Universitas Muhammad Nasir beserta Perangkat Nagari Pasia Laweh, yang turut serta untuk melangsungkan kegiatan ini.

” Sekarang tidak hanya  Nagari Pasia laweh, tapi ini sebuah kebersamaan kita untuk bergerak maju bersama masyarakat Se kecamatan Palupua, khususnya Nagari Pasia Laweh sudah menciptakan moment-moment yang begitu susah untuk dikenang terutama bagi masyarakat Pasia Laweh tersebut,” ujarnya.

Ia menyebutkan, Dulu begitu jauh dari keterpurukan, sekarang sudah banyak perkembangan di dalam Nagari Pasia Laweh. ”  Saya sangat puas sekali melihat perubahan tersebut, semuanya juga berkat pemuda, pemudi dan masyarakat Pasia Laweh, sehingga Nagari kita ini bisa berkembang dengan pesat seperti saat sekarang ini,” ulas Walinagari berprestasi tersebut.

Disebutkan, Pihak Nagari Pasia Laweh akan terus mengembangkan inovasi-inovasi yang ada di Nagari Pasia Laweh.

” Terimakasih Kepada semua pihak yang sudah hadir dan ikut serta dalam mengsukseskan kegiatan Festival di Nagari Pasia Laweh tersebut, Semoga menjadikan pemersatu untuk membangun masyarakat yang aman dan sejahtera di Nagari Pasia Laweh untuk kedepannya supaya lebih baik lagi, Aamiin,” ungkap Zul Arifin mengakiri wawancara.

Dalam hal ini, juga dilangsungkan acara pelepasan Mahasiswa/I KKN PPM di Nagari Pasia Laweh dan penyerahan hadiah Pemenang Lomba Volly Ball Putri Tingkat Kecamatan Palupuah yang di rebut oleh Nagari Pasia Laweh, serta pengumuman Dorprize bagi pemenang undian yang disponsori langsung oleh Bank BNI.

Sesuai acara, Panitia akan melangsungkan kegiatan Festival ini  selama satu hari, yang mana acara hingga malam nanti, dengan Sebelumnya dimulai sejak Pagi Pukul 07.00 WIB.

(Honest)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gridlove

Palikopost.com adalah Media Masa kini yang menyajikan berita yang berimbang, dengan Menyingkap Fakta Bukan Fiksi.

Kategori

Copyright © Hak Cipta Palikopost.com 2018-2019

To Top